Teknik dan teknologi dalam grafika komputer
Kelompok 2
1.Anisya
2.Ari rudianto
3.Sinsin
4.Siti nur
5.Tiara agustin
PENERAPAN GRAFIK KOMPUTER
Grafik
komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan
ilmu komputer. Aplikasi grafik komputer ini sangat sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari. Untuk itu pemilihan software yang tepat akan sangat
membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata. Borland C++
Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan
tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik.
Ada lagi fasilitas-fasilitas GDI
(Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh Borland C++ Builder ini akan
sangat memudahkan penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik.Borland C++ Builder menyediakan
beberapa algoritma untuk mempresentasikan objek agar terlihat lebih nyata. Adapun
perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu
yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah
mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
Contoh Grafik komputer dalam
kehidupan sehari – hari :
1.Bidang hiburan,misalkan pada film,grafik komputer
menghasilkan efek animasi yang baik.
2.Bidang Pendidikan,grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat
melalui power point ataupun software lainnya.
3.Computer
Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk
menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.Video Game
Video game adalah permainan yang
melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
5.Computer-Aided
Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam
proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering.
CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
6.Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan
dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user
requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual
yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan
objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus
digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user
beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR
parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung.
Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama
latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun
payung sesungguhnya.
8. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik
membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi
telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide
abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur
protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
Contoh
pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang
kesehatan,
digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau
tidaknya kelainan di tubuh.
2.Bidang
visual,
bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
3.Mikroskop
electron
adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di
maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar
detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat
penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di
tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu
digunakan dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk
mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi
dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis
penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas
lainnya.
Contoh
aplikasi lainnya :
*
pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan
*
penilaian pertanian dan monitoring
*
manajemen pantai dan sumber daya laut
*
explorasi mineral
*
explorasi minyak dan gas
*
manajemen sumber daya hutan
*
perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
*
pemasangan dan perencanaan telekomunikasi
*
oseanografi fisik
*
pemetaan topografis dan geologis
*
pemetaan dan pendeteksian es laut
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar